Apple
adalah salah satu produk teknologi yang di gandrumi oleh setiap orang di dunia
termasuk juga indonesia. Apple juga adalah produk yang menduduki peringkat
tertinggi dan menjadi barang mewah bagi para penggunanya. Bisa jadi anda adalah
salah satu pengguna setia dari apple ini dan mungkin saja anda sudah banyak
menggunakan produk-produk apple yang harganya cukup tinggi.
Logo
apel yang simpel namun elegan yang terletak dalam setiap produknya membuat kita
mudah mengingatnya bahwa itu adalah produk apple. Namun tahukah anda ternyata
logo ini mengalami tiga kali perubahan sejak pertama kali di gunakan pada tahun
1976 hingga saat ini.
Logo
pertama yang di gunakan pada tahun 1976 itu di design oleh ronald wayne rekan
dari steve job itu sendiri. Logo pertama yang di buat menggambarkan seorang Sir
isaac newton yang duduk di bawah pohon dengan sebutir apel di gantung di atas
kepalanya. Di sekitar logonya bertuliskan Newton, pemikiran yang terus
mengarungi lautan yang aneh sendiri.
Setelah
beberapa lama logo yang menggambarkan sir isaac newton ini akhirnya di ganti. Alasanya,
steve job beranggapan bahwa logo ini terlalu klasik dan kuno bertolak belakang
dengan perusahaan apple itu sendiri dengan karakter modern dan canggih. logo
ini di anggap terlalu intelektual , detail dan di nilai susah untuk di ingat.
Rob
janoff adalah rekan steve job selanjutnya yang di percayai untuk membuat logo
baru perusahaan apple. Kali ini job berpesan untuk perusahaannya ini dia di
butuh sebuah logo yang sederhana namun modern. Dan rob janoff pun dengan cerdas
mengerti apa yang di inginkan oleh job “ a little bit more modern “ yang di
ungkapakan langsung dalam bentuk logo. Jadilah bentuk apel dengan gigitan
diatasnya, giigitan yang terdapat di apel tersebut tidak mengandung banyak arti
namun dalam gigitan tersebut hanyalah variasi, hal itu di buat hanya untuk
menegaskan saja bahwa logo apple itu apel, bukan jeruk ataupun mangga dan
alasan lainnya adalah bahwa gigitan itu disesuaikan dengan istilah yang ada di
dunia teknologi dan komputer yakni byte/bite.
Dalam logo
kedua ini terlihat secara jelas kepribadian steve job yang cerdas dan kreatif
pemikiran yang out of the box yang di lakukan selama karirnya. Di logo kedua
ini steve job mencetuskan sendiri dengan menambhakan warna pelangi di logonya dan struktur warna pelangi yang di pake di susun terbalik, ini menunjukan bahwa
salah satu filosofi dari steve job yaitu out of the box, kebebasan dan
kebernainan untuk melakukan inovasi dan revolusi dalam teknologi. Dan logo ini
bertahan cukup lama sampai 22 tahun sampai akhirnya di rubah lagi setelah steve job kembali masuk ke Apple
karena sempat di pecat dari perusahaannya sendiri. >>baca kisah steve job
Setelah
itu pada tahun1998 steve mengubah design logonya kemabali dengan warna
monochrome hitam yang sempat bertahan lama hingga akhirnya steve memutuskan
untuk mengubahnya kembali dengan warna yang lebih solid dan perubahan warna ini
lah yang bertahan hingga saat ini pada tahun 2007 job memilih abu-abu perak
yang di anggap lebih canggih dan modern.


0 Response to "rahasia di balik logo apple"
Posting Komentar